Wednesday 2 March 2016

Teknik Cara Bermain Badminton yang Baik / Terbaru 2016


http://www.abc.net.au/ 
Kamu mungkin adalah seorang yang semangat belajar dan tahu bagaimana cara bermain badminton/bulu tangkis. Badminton atau bulu tangkis adalah salah satu cabang olahraga yang sangat disukai di Indonesia. Bahkan olahraga ini menjadi salah satu cabang olahraga yang menjadi andalan Indonesia pada kejuaraan tingkat Internasional.
Berbagai prestasi sudah terukir dalam sejarah badminton Indonesia, misalnya pada kejuaraan All England pada tahun 1976, legenda Indonesia Liem Swie King memenangkan turnamen tersebut. Lalu pasangan emas Susi Susanti dan Alan Kusuma merebut medali emas Olimpiade pada tahun 1992 di Barcelona. Mungkin dari banyaknya legenda yang lahir hingga Taufik Hidayat mungkin adalah inspirasi kamu.
Jika ingin menjadi pemain bulutangkis profesional seperti meraka tidaklah mudah jika hanya mendapatkan hasil yang instan. Latihan keras adalah makanan mereka sehari-ha ri dan syarat agar mampu menjadi seorang yang handal memainkan bulutangkis. Namun, jika kamu adalah seorang pemula, tidak perlu khawatir lagi karena disini kamu akan diajarkan bagaimana bermain bulutangkis yang benar.

Teknik Dasar Bermain Bulutangkis atau Badminton

1. Teknik Memegang Raket

olahraga.smansax1-edu.com
olahraga.smansax1-edu.com
Kebanyakan orang beranggapan memegang raket adalah teknik yang sangat mudah, namun kebanyakan pemain pemula yang melakukan kesalah dalam teknik memegang raket sehingga menyebabkan permainanya tidak maksimal. Memegang raket yang benar adalah dengan menggunakan jari-jari tangan untuk memegang raket bukan dengan telapak tangan, contohnya seperti orang yang memegang golok. Usahakan membuat posisi jari-jari tangan menggenggam raket dengan luwes dan rileks serta dipegang erat agar tidak mudah jatuh dan dapat melakukan pukulan yang bertenaga.
Dalam teknik memegang raket ada 2 cara yang paling umum digunakan yaitu, forehand dan backhand. Walaupun sebenarnya banyak juga teknik yang lain, namun secara profesional teknik ini paling sering digunakan.
  • Forehand
Pegang raket dengan tangan kiri, usahakan kepala raket menyamping. Pegang raket dengan cara kurang lebih seperti “jabar tangan”. Bentuk V harus diletakkan pada bagian gagang raket.
Usahakan tiga jari yaitu, jari tengah, jari manis dan jari kelingking menggenggam raket, sedangkan jari telunjuk agak terpisah. letakkan ibu jari kamu dianatara pada tiga jari dan telunjuk.
  • Backhand
Backhand griop, geser “V” ke arah dalam. Letaknya di samping dalam. Bantalan jempol berada di pegangan raket yang lebar.

2. Teknik Footwork

cbsphilly.wordpress.com

Teknik footwork adalah teknik pijakan atau pergerakan kaki. Hal ini dimaksudkan agar pemain bisa leluasa bergerak baik untuk menyerang maupun bertahan yang disertai lompatan. Latihan footwork merupakan latihan untuk menjaga kestabilan, serta memperoleh posisi untuk melakukan pukulan dan teknik untuk tidak mendapatkan cedera. Jika kamu melakukan latihan footwork usahakan agar tidak berhimpitan dan lakukan senyaman mungkin, misalnya kaki kira berada di depan dan kaki kanan agak ke belakang.

3. Teknik Hitting Position

Teknik hitting position adalah cara pemain menyiapkan diri untuk melakukan pukulan, ketika pemain menerima shuttle cock dari lawan, kamu memiliki waktu beberapa detik untuk dapat menyesuaikan arah shuttlecock kemudian menyiapkan tenaga untuk melakukan serangan balik. Teknik ini perlu adanya latihan secara rutin, kecerdasan dalam membaca arah dan ketepatan menentukan  hitting position serta menghasilkan poin yang berharga dalam suatu pertandingan.

4. Teknik Melakukan Servis

youtube.com

Teknik servis dilakukan setelah terjadinya poin atau ketika saat pertandingan dimulai. Teknik servis sangat penting sekali karena selain bisa mendatangkan poin untuk tim kamu hal ini juga bisa sangat merugikan tim kamu jika gagal melakukan servis. Dengan kata lain tim lawan akan mendapatkan poin karena servis kamu ggagal. Servis sendiri dibedakan menjadi dua yaitu forehand dan backhand. Walaupun sebenarnya teknis servis ada banyak seperti, servis pendik, servis tinggi dan flick.

5. Teknik Mengembalikan Servis

Latihan ini bertujuan agar kamu bisa mengembalikan servis dari lawan. Kamu dapat mencoba lakukan latihan ini untuk jenis servis forehand maupun backhand. Ada beberapa teknik yang kamu kembangkan dalam melakukan teknik pengembalian servis ini.
  • Misalkan kamu lagi bermain dalam suatu pertandingan bulu tangkis tunggal, maka pada saat menerima servis usahakan untuk mengembalikan servis dengan pukulan keras ataupun tinggi ke sudut belakang jauh dari lawan.
  • Jangan terburu-buru melakukan smas, karena ketika posisi kamu di lapangan bagian belakang dan melakukan smash, belum tentu kamu bisa recovery posisi yang tepat pada saat lawan mengembalikkan smash.
  • Jika bermain secara ganda, usahakan arahkan shuttlecock ke arah lawan tepat dibagian tubuh atau bisa juga langsung mengarah ke lantai agar mendapat poin.

6. Teknik Netting

Netting adalah teknik permainan net, ini merupakan teknik yang harus kamu kuasai dengan benar sebelum kamu melakukannya di pertandingan. Karena teknik netting cukup riskan dan bisa saja mendatangkan poin bagi lawan.
Kamu dapat melakukan pukulan shuttlecock dengan halus namun harus masuk ke area lawan, cermati jarak antara net dan shuttlecock. Untuk bisa menguasai teknink ini kamu harus mencoba melakukannya secara rutin dengan menggunakan cock yag dipukul oleh teman kamu saat latihan. Dan pastikan posisi kamu tidak lebih dari 2 langkat dari net, lalu kembalikan servis teman kamu dengan tegak lurus ataupun silang.

7.  Teknik Smash

pixshark.com

Teknik Smash merupakan pukulan keras dengan menggunakan teknik overhead kepada lawan. Shuttlecock harus diarahkan ke bawah dengan tujuan mencetaj poin dan mematikan pertahan pada lawan.
Sebelum kamu bermain sebaiknya lakukan dahulu pemanasan agar kamu cedera ataupun kram pada saat latihan. Saran saya rajin-rajinlah latihan agar menjadi pemain profesional dan minimal bergabunglah dengan club badminton yang ada di daerah kamu.

No comments:

Post a Comment