Wednesday 3 February 2016

EKOSISTEM



EKOSISTEM

Hutan Hujan Tropis
Description: http://i0.wp.com/belajarbiologi.com/wp-content/uploads/2014/06/ekosistem-hutan-hujan-di-kalimantan1.jpg
Hutan hujan tropis terdapat dalam wilayah Khatulistiwa, seperti dalam lembah sungai Amazon, Amerika selatan, Asia tenggara (malaysia, indonesia, thailand), dan lembah sungai kongo. Hutan hujan tropis memiliki ciri-ciri abiotik sebagai berikut..
·         Memiliki curah hujan yang sangat tinggi antara 200-450  cm/tahun
·         Sepanjang tahun Matahari bersinar dengan suhu lingkungan antara 21-30 derajat celsius
·         Di hutan hujan tropis pohon-pohon dapat tumbuh tinggi mencapai 55 m dan membentuk kanopi (tudung). 
·         Beberapa tanaman tumbuh merambat (liana), seperti rotan, atau tumbuh menempel (epifit), seperti anggrek, di cabang-cabang pohon untuk mendapatkan cahaya matahari. 
·         Sebagian besar hewan hidup di sekitar kanopi karena mudah mendapatkan makanan dan berpindah tempat. Banyak pula yang ditemukan hewan bisa terbang atau memanjat, seperti kelelawar, ular, tupai, monyet, burung, dan serangga. Sementara di tanah terdapat macam tutul, babi hutan dan jaguar.

Savana
Description: http://i2.wp.com/www.satujam.com/satujam/wp-content/uploads/2015/11/savana.jpg?resize=900%2C675
Savana adalah padang rumput yang diselingi oleh pohon-pohon. Sabana terletak pada daerah tropis dengan curah hujan sekitar 90-150 cm/tahun, seperti Australia utara, Nusa tenggara timur, Kenya (afrika), Nusa tenggara barat. Saban dibedakan atas dua jenis yaitu sabana murni (satu jenis pohon) dan sabana campuran (beberapa jenis pohon). Jenis tumbuhan pembentuk bioma sabana yaitu rumput, AcaciaEucalyptus, dan Coryphautan (gerbang), sedangkan pada jenis hewannya antara lain, gajah, macam tutul, rayap, kijang, zebra, singa, serangga, dan kuda.
Ciri-Ciri Savana
  • Padang rumput yang diselingi pohon-pohon 
  • Terletak di daerah tropis dengan curah hujan 90-150 cm/tahun. 
  • Sabana terdapat di Nusa tenggara timur, Nusa tenggara barat, Amerika Utara dan Kenya (Afrika)
  • Tumbuhan pembentuk bioma sabana adalah rumput, Coryphautan (gerbang), Acacia, Eucalyptus
  • Jenis Hewan bioma sabana seperti gajah, macam tutul, rayap, kijang, zebra, singa, serangga, dan kuda.  
Terumbu karang
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhMjVSg80I7t-rQ8JoEfq9zPhMZbRaeLqi8nSvx6-cz40tIX-FB5xKQ_dDGAtFO7zemRbIzwqv9uiqcZQz72KovsZd8DNMMYyUhUlKQlW757E4F38UPkPT12qxkhxWXM2AcSLYpEOOJmuE/s320/nnn.bmp
Di laut tropis, pada daerah neritik, terdapat suatu komunitas khusus yang terdiri dari karang batu clan organisme-organisme lainnya. Komunitas ini disebut terumbu karang. Daerah komunitas ini masih dapat ditembus cahaya matahari sehingga foto­sintesis dapat berlangsung.
Terumbu karang didominasi oleh karang (koral) yang merupakan kelompok Cnidaria yang mensekresikan kalsium karbonat. Rangka dari kalsium karbonat ini bermacam-macam bentuknya dan menyusun substrat tempat hidup karang lain dan ganggang.
Hewan-hewan yang hidup di karang memakan organisme mikroskopis dan sisa organik lain. Berbagai invertebrata, mikro­organisme, dan ikan hidup di antara karang clan ganggang. Herbivor seperti siput, landak laut, ikan, menjadi mangsa bagi gurita, bintang laut, dan ikan karnivor.

No comments:

Post a Comment