Wednesday 3 February 2016

FUNGSI STATISTIKA, PELUANG, TRIGONOMETRI, DAN LINGKARAN DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI





FUNGSI STATISTIKA, PELUANG, TRIGONOMETRI, DAN LINGKARAN DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI









DISUSUN OLEH :
YUNI DWI PERTIWI





DINAS PENDIDIKAN NASIONAL
SMA NEGERI 1 SEMENDAWAI SUKU III
KABUPATEN OGAN KOMERING ULU TIMUR
PROVINSI SUMATERA SELATAN
TAHUN AJARAN 2015 / 2016



 

KATA PENGANTAR

          Puji dan syukur senantiasa kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunianya kepada kami sehingga kami dapat menyelesaikan panulisan Kliping  ini yang berjudul “Fungsi Statistika, Peluang, Trigonometri, dan Lingkaran dalam Kehidupan Sehari-hari.

Selawat beriringkan salam juga tidak lupa kami sampaikan kepada Nabi kita Muhammad SAW, karena dengan berkat kegigihan dan kesabaran beliaulah kita dapat menuntut ilmu pengetahuan seperti sekarang ini.

Kami menyadari bahwa kliping ini jauh dari kesempurnaan, baik dari cara penulisan maupun isi yang terkandung di dalamnya. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun sehingga kami dapat berkarya dengan lebih baik di masa yang akan datang.

Akhirnya dengan satu harapan dari kami, semoga kliping ini dapat bermanfaat bagi kami khususnya dan bagi rekan-rekan pembaca umumnya. Amiin Yarabbal ‘alamin.


OKU Timur,    Januari 2016

Penulis
                    


DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL..................................................................................... i
KATA PENGANTAR.................................................................................. ii
DAFTAR ISI................................................................................................. iii

PEMBAHASAN ........................................................................................... 1
A.    Fungsi Statistika dalam Kehidupan Sehari-hari ................................. 1
B.     Manfaat Mempelajari Peluang dalam Kehidupan Sehari-hari ............ 2
C.     Trigonometri Dalam kehidupan Sehari-hari ........................................ 3
D.    Kegunaan Lingkaran dalam Kehidupan Sehari-hari ........................... 7







PEMBAHASAN

A.    FUNGSI STATISTIK DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI
Ditegaskan pula dari buku statistika ekonomi karangan Sri Mulyono (2003), bahwa dalam mempelajari statistika kita dibantu untuk menjelaskan hubungan antar variabel, membuat keputusan yang lebih baik, mengatasi perubahan-perubahan yang terjadi dan membuat rencana serta ramalan.
Beberapa contoh bahwa statistik sangat berperan dalam kehidupan sehari-hari misalnya dalam kehidupan sehari-hari kita sering menggunakan ilmu statistika untuk mengatur berapa jumlah pengeluaran kita yang disesuaikan dengan pendapatan yang kita peroleh, lalu memilih barang yang mana yang akan kita beli, dan lainnya yang pada akhirnya membutuhkan keputusan terbaik yang akan kita ambil. Begitu pula dengan bidang yang lainnya, membantu memutuskan keputusan yang harus diambil secara tepat.
Statistika dalam arti sempit berarti kumpulan data berupa angka, penyajian data dalam table dan grafik, bilangan yang menunjukan karakteristik dari kumpulan data. Statistika dalam arti luas yaitu metode yang digunakan dalam pengumpulan dan analisis data yang berupa angka-angka sehingga dapat diperoleh informasi yang berguna. Statistika adalah suatu metode yang menjelaskan tata cara pengumpulan, penyusunan, penyajian, penganalisaan, dan penginterprestasian data menjadi informasi yang lebih berguna.
Beberapa contoh bahwa statistik sangat berperan dalam kehidupan sehari-hari misalnya dalam kehidupan sehari-hari kita sering menggunakan ilmu statistika untuk mengatur berapa jumlah pengeluaran kita yang disesuaikan dengan pendapatan yang kita peroleh, lalu memilih barang yang mana yang akan kita beli, dan lainnya yang pada akhirnya membutuhkan keputusan terbaik yang akan kita ambil.
Begitu pula dengan bidang yang lainnya, membantu memutuskan keputusan yang harus diambil secara tepat. Dalam ilmu kedokteran untuk peralatan analisa penyakit. Statistik juga sangat dibutuhkan dalam penelitian karena memiliki peranan.
1.      Statistik memungkinkan pencatatan secara lengkap dari data penyelidikan
2.      Statistik memampukan seorang peneliti untuk bekerja secara berurutan dari awal sampai akhir
3.      Statistic menyediakan cara-cara meringkas data kedalam bentuk yang lebih banyak artinya dan lebih gampang mengerjakannya
4.      Statistic memberikan dasar-dasar melalui proses-proses yang mengikuti aturan yang dapat diterima oleh ilmu pengetahuan
5.      Statistic memberikan landasan untuk meramalkan secara ilmiah tentang bagaimana sesuatu gejala akan terjadi dalam kondisi-kondisi yang telah diketahui
6.      Statistic memungkinkan peneliti menganalisa, menguraikan sebab akibat yang kompleks dan rumit yang tanpa statistic akan merupakan persoalan yang membingungkan serta kejadian yang tak teruraikan
7.      Menggambarkan data dalam bentuk tak tentu
8.      Menyederhanakan data yang komplek menjadi data yang mudah dimengerti
9.      Merupakan teknik untuk membuat perbandingan
10.  Memperluas pengalaman individu
11.  Menentukan tingkat hubungan atau peranan antar variable
12.  Mengukur besar besaran variable
13.  Dasar untuk merumuskan kebijakan perusahaan atau pemerintahan
14.  Dalam ilmu kedokteran untuk peralatan analisa penyakit.
dalam kehidupan sehari-hari kita banyak menemukan data-data statistic. Seperti, perhitungan caleg yang dapat kita lihat di TV atau di Koran, bursa efek saham, kurs rupiah dan banyak lagi. Jadi dalam kehidupan sehari-hari statistic memiliki peran dan fungsi masing-masing sesuai bidangnya.
Statistik Sebagai Bahan Perencanaan. Statistik seperti telah dijelaskan pada butir terdahulu adalah pengetahuan yang berhubungan dengan pengumpulan data, pengolahan, penganalisaan, penyajian dan penarikan kesimpulan serta pembuatan keputusan berdasarkan data dan kegiatan analisis yang dilakukan.Dengan kata lain setiap data yang dibutuhkan adalah data yang dapat dipercaya dan tepat waktu.
Melalui data yang dapat dipercaya dan tepat waktu diharapkan seluruh kegiatan pengolahan data akan menghasilkan informasi untuk mengambil suatu keputusan yang tepat. Kemungkinan- kemungkinan penyimpangan yang telah dicoba untuk dieliminasi sekecil mungkin melalui berbagai metode yang dikembangkan dalam statistik, akan sangat membantu didalam setiap kegiatan perencanaan program.
Statistik Sebagai Bahan Monitoring Seperti telah tersebut dalam arti sempit bahwa statistik adalah merupakan data ringkasan berbentuk angka maka hal ini sangat membantu didalam suatu kegiatan monitoring. Oleh karena secara umum yang dilakukan dalam kegiatan monitoring adalah memonitor seluruh kekuatan dan kelemahan program yang menyangkut berbagai variabel yang berbentuk data ringkasan (misalnya : jumlah bayi yang ditimbang, jumlah penduduk, jumlah peserta KB, jumlah balita yang diimunisasi dan lain sebagainya).Statistik Sebagai Bahan EvaluasiDengan mengetahui berbagai data yang dapat dipercaya maka selanjutnya kita dapat menganalisis dan memutuskan yang baik dan yang buruk. Selain itu melalui berbagai data yang ada kita dapat membandingkan dan selanjutnya membuat suatu generalisasi dari sampel yang kecil kepada populasi.

B.     Manfaat Mempelajari Peluang Dalam Kehidupan Sehari-Hari
Setelah kita mempelajari apa itu peluang, kejadian, titik sampel, ruang sampel sertafrekuensi harapan, kita tentu bertanya-tanya apa sih kegunaan kita mempelajari hal-hal tersebut di atas, nah, berikut beberapa manfaat atau kegunaan kita mempelajari Peluang.
1.      Membantu peneliti dalam pengambilan keputusan yang lebih tepat. Pengambilan keputusan yang lebih tepat dimaksudkan bahwa tidak ada keputusan yang sudah pasti karena kehidupan mendatang tidak ada yang bisa memprediksi kepastiannya dari sekarang, karena informasi yang didapat tidaklah sempurna.
2.      Dengan teori peluang kita dapat menarik kesimpulan secara tepat atas hipotesis yang terkait tentang karakteristik populasi. Menarik kesimpulan secara tepat atas hipotesis (perkiraan sementara yang belum teruji kebenarannya) yang terkait tentang karakteristik populasi pada situasi ini kita hanya mengambil atau menarik kesimpulan dari hipotesis bukan berarti kita sudah mengetahui kejadian yang akan datang.
3.      Mengukur derajat ketidakpastian dari analisis sampel hasil penelitian dari suatu populasi. Contoh: Ketika diadakannya sensus penduduk 2000, pemerintah mendapatkan data perbandingan antara jumlah penduduk berjenis kelamin laki-laki berbanding jumlah penduduk berjenis kelamin perempuan adalah memiliki perbandingan 5:6, sedangkan hasil sensus pada tahun 2010 menunjukan hasil perbandingan jumlah penduduk berjenis kelamin pria berbanding jumlah penduduk berjenis kelamin wanita adalah 5:7. Maka pemerintah dapat mengambil keputusan bahwa setiap tahunnya dari tahun 2000 hingga 2010 jumlah wanita berkembang lebih pesat daripada jumlah penduduk pria.

C.    Trigonometri Dalam Kehidupan Sehari Hari  

Trigonometri merupakan alat utama ilmu ukur segitiga. Tigonometri memiliki banyak aplikasi pada kehidupan sehari-hari, diantaranya pada bidang teknik sipil dan astronomi.   Trigonometri memili kaitan yang sangat erat dalam kehidupan kita, baik secara langsung dan tidak langsung. Ilmu perbintangan dan konstruksi bangunan sangat dibantu oleh hadirnya trigonometri. Seiring perkembangan jaman, trigonometri terus dikempangan, dipadukan dengan disiplin kelimuan lain guna kemaslahatan bersama. Sebagai bagian dari rentetan artikel tentang aplikasi matematika dalam kehidupan sehari-hari, artikel ini disusun.
Awalnya trigonometri hadir sebagai solusi atas pemecahan ukuran atas bangun datar-bangun datar sederhana, seiring berkembangnya zaman trignometri kerap digunakan dalam dunia ilmu terapan (kehidupan sehari-hari), perkembangan ilmu lain, maupun perkambangan ilmu matematika itu sendiri. Di bawah ini, saya akan mencoba memberikan contoh tentang aplikasi trigonometri dalam kehidupan sehari-hari, adapun aplikasinya adalah:
1.      Aplikasi Trigononomerti Pada Ilmu Astronomi
Trigonometri sangat besar manfaatnya dalam ilmu astronomi, karena ukuran benda-benda langit tidak mungkin diukur pakaipenggari, pasti dihutug dengan bermain skala-skala dan sudut-sudut, sehingga dapat diestimasi ukurannya secara akurat. Rumus trigonometri sudut ganda digunakan untuk nilai-nilai ukuran sisi akibat sudut-sudut yang tidak istimewa. Meskipun pemnggunaan kalkulator diijinkan dalam penelitian, namun kalkulator umumnya tidak mampu menganani kasus numeris yang membutuhkan ketelitian tinggi. Karena dalam beberapa kasus numeris, perlakuan tanpa pembulatan adalah metode terbaik.


2.      Aplikasi Trigonometri Para Perkembangan Ilmu Teknik Sipil
Selain di bidang ilmu astronomi, trigonometri juga sangat erat kaitannya dengan pekerjaan seorang surveyor (ahli ilmu ukur tanah). Pengukuran tanahadalah suatu cabang ilmu alam untuk menentukan posisi ruang dimensi tiga dari suatu tempat pada permukaan bumi. Hasil pengukuran tanah yang diperleh antara lain digunakan untuk membuat peta topografi dari bumi untuk menentukan luas wilayah suatu daerah. Dalam sistem undang-undang agraria zaman sekarang, koordinat eksak batas negara adalah suatu hal yang sangat penting agar batas negara tidak bergeser, seperti yang sering diangkat di media.
Para engineer, khusunya ahli sipil, lebih khususnya lagi ahli geodesi, sangat bergantung pada seorang surveyor. Ketika seorang insinyur membuat perencanaan pembangunan suatu proyek, seperti pembangunan jalan raya, jembatan, bendungan, gedung bertingkat, dll peran surveyor sangat diperlukan. Mirip kalitannya dengan ahli dosimetri dengan dokter spesialis penyakit onkologi. Seorang suveyor juga harus mempersiapkan untuk input data mengenai permukaan bumi dan tanah, setelah itu data diinput pada suatu sistem informasi yang diberi naman GIS (Geographical Information System). Tidak jarang pengamatan untuk menghitung kemingan jalan raya, rel kereta api, dan jembatan, Keahlian trigonometri seorang surveyor sangat mempermudah pekerjaannya sehingga beliau tak perlu terjun langsung ke medan-medan sulit.

3.      Aplikasi Trigonometri pada Geografi dan Navigasi
Tabel trigonometri diciptakan lebih dari dua ribu tahun yang lalu untuk perhitungan dalam astronomi. Bintang-bintang dianggap tetap pada bola kristal dengan ukuran besar, dan model yang sempurna untuk tujuan praktis. Hanya planet berpindah bola. (Pada saat itu ada tujuh planet yang diakui: Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, Saturnus, bulan, dan matahari Mereka adalah planet-planet yang kita beri nama hari-hari kami dalam seminggu sesudah Bumi tersebut belum dianggap sebagai.. sebuah planet karena itu adalah pusat alam semesta, dan planet-planet luar tidak ditemukan kemudian) jenis trigonometri yang diperlukan untuk memahami posisi pada bola disebut trigonometri bola.. Trigonometri bola jarang diajarkan sekarang karena tugasnya telah diambil alih oleh aljabar linear. Meskipun demikian, satu aplikasi dari trigonometri adalah astronomi. Seperti bumi juga bola, trigonometri digunakan dalam geografi dan navigasi. Ptolemy (100-178) yang digunakan trigonometri pada geografi dan menggunakan tabel trigonometri dalam karya-karyanya. Columbus membawa salinan dari Regiomontanus ‘Ephemerides Astronomicae pada perjalanan ke Dunia Baru dan menggunakannya untuk keuntungannya.

4.      Aplikasi matematika pada teknik kimia
Meskipun trigonometri yang pertama kali diterapkan pada bola, namun ia telah aplikasi yang lebih besar untuk pesawat. Surveyor telah menggunakan trigonometri yang selama berabad-abad. Insinyur, baikinsinyur militer dan sebaliknya, telah menggunakan trigonometri yanghampir sepanjang.Fisika meletakkan tuntutan berat pada trigonometri. Optik dan statika, dua bidang awal fisika yang menggunakan trigonometri, tapi semua cabang trigonometri yang penggunaan fisika sejak bantu trigonometri yang dalam ruang pemahaman. Bidang terkait seperti kimia fisiksecara alami menggunakan trigonometri.
Demikian  aplikasi trigika pada Teknik metri dalam kehidupan sehari-hari, sementara hanya ini yang saya ketahui, semoga dengan menulis ini dapat meningkatkan pemahaman kita tentang aplikasi trigonometri
Saya harapkan anda juga membaca Aplikasi Kalkulus dalam Kehidupan Sehari-hari dan, Aplikasi Ilmu peluang dalam kehidupan Sehari-hari 
Dalam kehidupan sehari – hari kita sering melihat seorang sedang mengukur jalan yang akan diperbaiki ataupun gedung bertingkat yang sedang dibangun. Para arsitek tersebut bekerja dengan menggunakan perbandingan trigonometri.
Trigonometri menemukan penggunaannya yang sempurna pada Arsitektur modern. Kurva-kurva nan indah pada permukaan baja, bebatuan, kayu, dan lain-lain dapat diwujudkan karena potensi yang besar dari ilmu ini.
Teknologi pencitraan dari komputer dapat digunakan dalam dunia kedokteran secara luar biasa untuk menemukan sumber beberapa penyakit ganas.Itu baru sebagian kecil dari manfaat trigonometri, perlu alasan lain untuk menemukan rumus-rumus trigonometri membantu hidup kita.
Berikut beberapa contoh penggunaan trigonometri dalam kehidupan sehari-hari, misalya dalam navigasi untuk menemukan jarak dari pantai ke suatu titik di laut.
Description: ftrguy
Trigonometri umumnya juga digunakan dalam mencari ketinggian menara dan pegunungan.
Description: ghjtyiDescription: lghyiutrigonometri juga digunakan dalam oseanografi dalam menghitung ketinggian gelombang air laut
Description: kghu
Digunakan untuk mengukur ketinggian suatu pohon
Description: liugh
Trigonometri digunakan dalam menemukan jarak antara benda-benda angkasa
Description: kkdgjdfrhy
Fungsi sinus dan cosinus merupakan dasar bagi teori fungsi periodik seperti pada gelombang suara dan cahaya.
Description: kjnbgufirf
Arsitek menggunakan trigonometri untuk menghitung beban struktural, kemiringan atap, permukaan tanah dan banyak aspek lain, termasuk bayangan matahari dan sudut cahaya

D.    Kegunaan Lingkaran Dalam Kehidupan Sehari-hari
Materi dalam pelajaran matematika semester dua kali ini salah satunya adalah mengenai lingkaran. Karena itu, dalam kesempatan kali ini, saya akan membahas mengenai kegunaan lingkaran dalam kehidupan sehari-hari.
Dalam kehidupan sehari-hari, tentu saja ada banyak lingkaran yang bisa kita temukan, mulai dari benda-benda sepele seperti donut dan tempat CD player, bahkan sampai benda-benda yang lebih rumit seperti permainan roller coaster. Karena itu, lingkaran memiliki banyak kegunaan, misalnya dalam mengukur diameter maupun luas lingkaran tersebut.
Mari kita mulai dengan contoh sederhana, yaitu kegunaan prinsip lingkaran pada donut. Seorang penjual donut tentu saja harus memperhatikan diameter dan keliling donut yang akan dicetaknya, agar setiap donut yang diproduksinya bisa memiliki ukuran yang sama.
Contoh sederhana yang lain adalah kegunaan lingkaran pada pembuatan tempat CD player. Seseorang yang membuat tempat CD player tentu saja harus menyesuaikan diameter tempat dengan diameter CD playernya, agar tempat CD player itu bisa pas untuk CD player, tidak terlalu besar maupun terlalu kecil.
Sedangkan contoh yang lebih rumit bisa diamati dari kegunaan lingkaran pada rel roller coaster. Saat rel roller coaster yang berbentuk lingkaran itu dibuat, tentu saja harus dipertimbangkan, apakah roller coaster bisa melewatinya dan tidak akan terjatuh. Jika salah perhitungan sedikit saja, maka hasilnya akan fatal.
Melalui contoh-contoh sederhana di atas, kita dapat mengerti bahwa sangat penting untuk mengetahui prinsip-prinsip lingkaran. Mulai dari hal yang sederhana seperti rumus keliling lingkaran (π.d) dan rumus luas lingkaran (π.r2) sampai prinsip-prinsip lingkaran yang lebih rumit lainnya yang akan dipelajari di jenjang yang lebih tinggi.

No comments:

Post a Comment