Statistika digunakan untuk menunjukkan tubuh
pengetahuan (body of knowledge) tentang cara-cara pengumpulan data,
analisis dan penafsiran data.
A. Fungsi
statistika
· Statistik menggambarkan data dalam bentuk tertentu
· Statistik dapat menyederhanakan data yang kompleks
menjadi data yang mudah dimengerti
· Statistik merupakan teknik untuk membuat perbandingan
· Statistik dapat memperluas pengalaman individu
· Statistik dapat mengukur besaran dari suatu gejala
· Statistik dapat menentukan hubungan sebab akibat
B. Kegunaan
Statistika
· Membantu penelitian dalam menggunakan sampel sehingga
penelitian dapat bekerja efisien dengan hasil yang sesuai dengan obyek yang
ingin diteliti
· Membantu penelitian untuk membaca data yang telah
terkumpul sehingga peneliti dapat mengambil keputusan yang tepat
· Membantu peneliti untuk melihat ada tidaknya perbedaan
antara kelompok yang satu dengan kelompok yang lainnya atas obyek yang diteliti
· Membantu peneliti untuk melihat ada tidaknya hubungan
antara variabel yang satu dengan variabel yang lainnya
· Membantu peneliti dalam menentukan prediksi untuk
waktu yang akan datang
· Membantu peneliti dalam melakukan interpretasi atas
data yang terkumpul (M.Subana dkk, 2000;14)
· Pemerintah menggunakan statistika untuk menilai hasil
pembangunan masa lalu dan merencanakan masa mendatang
· Pimpinan menggunakannya untuk pengangkatan pegawai
baru, pembelian peralatan baru, peningkatan kemampuan karyawan, perubahan
sistem kepegawaian, dsb.
· Para pendidik sering menggunakannya untuk melihat
kedudukan siswa, prestasi belajar, efektivitas metoda pembelajaran, atau media
pembelajaran.
· Para psikolog banyak menggunakan statistika untuk
membaca hasil pengamatan baik melalui tes maupun obserbasi lapangan.
C. Peranan
Statistika
-
Di dalam penelitian, statistika
berperan untuk:
· Memberikan informasi tentang karakteristik distribusi suatu populasi
tertentu, baik diskrit maupun kontinyu. Pengetahuan ini berguna dalam
menghayati perilaku populasi yang sedang diamati
· Menyediakan prosedur praktis dalam melakukan survey pengumpulan data
melalui metode pengumpulan data (teknik sampling). Pengetahuan ini berguna
untuk mendapatkan hasil pengukuran yang terpercaya
· Menyediakan prosedur praktis untuk menduga karakteristik suatu populasi
melalui pendekatan karakteristik sampel, baik melalui metode penaksiran, metode
pengujian hipotesis, metode analisis varians. Pengetahuan ini berguna untuk
mengetahui ukuran pemusatan dan ukuran penyebaran serta perbedaan dan kesamaan
populasi.
· Menyediakan prosedur praktis untuk meramal keadaan suatu obyek tertentu di
masa mendatang berdasarkan keadaan di masa lalu dan masa sekarang. Melalui
metode regresi dan metode deret waktu. Pengetahuan ini berguna memperkecil
resiko akibat ketidakpastian yang dihadapi di masa mendatang.
· Menyediakan prosedur praktis untuk melakukan pengujian terhadap data yang
bersifat kualitatif melalui statistik non parametrik.
-
Sementara menurut Sugiyono
(2003:12), statistika berperan untuk:
· Alat untuk menghitung besarnya anggota sampel yang
diambil dari suatu populasi, sehingga jumlah sampel yang dibutuhkan akan lebih
dapat dipertanggungjawabkan
· Alat untuk menguji validitas dan reliabilitas
instrumen sebelum instrumen tersebut digunakan dalam penelitian
· Sebagai teknik untuk menyajikan data, sehingga data
lebih komunikatif, misalnya melalui tabel, grafik, atau diagram
· Alat untuk
menganalisis data seperti menguji hipotesis yang diajukan dalam penelitian.
DAFTAR PUSTAKA
Bungin, Burhan. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif
Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik serta Ilmu-ilmu Sosial Lainnya. Jakarta.
Prenada Media Group.
Hadi, S. 1995. Statistik 1, 2, 3, Yogyakarta.
Andi Offset
Nazir, Mohamad. 1983. Metode Penelitian.
Jakarta. Ghalia Indonesia.
Sudjana. 1992. Metoda Statistika (Edisi ke 5).
Bandung: Tarsito
Sugiyono. 2003. Statistika untuk Penelitian,
Bandung. Alfabeta
Susetyo, Budi. 2010. Statistika Untuk Analisis Data
Penelitian. Bandung. PT. Refika Aditama.
Walpole, R.E. 1992. Pengantar Statistika.
Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama.
No comments:
Post a Comment