MENGAPLIKASIKAN KOMPUTER AKUNTANSI
KOMPUTER AKUNTANSI
Pengertian dan Definisi Akuntansi
Akuntansi adalah suatu proses mencatat,
mengklasifikasi, meringkas, mengolah dan menyajikan data, transaksi serta
kejadian yang berhubungan dengan keuangan sehingga dapat digunakan oleh orang
yang menggunakannya dengan mudah dimengerti untuk pengambilan suatu keputusan
serta tujuan lainnya.
Akuntansi berasal dari kata asing accounting yang
artinya bila diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia adalah menghitung atau mempertanggungjawabkan.
Akuntansi digunakan di hampir seluruh kegiatan bisnis di seluruh dunia untuk
mengambil keputusan sehingga disebut sebagai bahasa bisnis.
Fungsi Akuntansi
Fungsi utama akuntansi adalah sebagai informasi
keuangan suatu organisasi. Dari laporan akuntansi kita bisa melihat posisi
keuangan sutu organisasi beserta perubahan yang terjadi di dalamnya. Akuntansi
dibuat secara kualitatif dengan satuan ukuran uang. Informasi mengenai keuangan
sangat dibutuhkan khususnya oleh pihak manajer / manajemen untuk membantu
membuat keputusan suatu organisasi.
Pada saat ini banyak sekali teknologi yang berkembang
di negara maju sepertu indonesia, contohnya seperti KOMPUTER AKUNTANSI. Komputer ini mempunyai program yang banyak
sekali seperti program akuntansi. Itu contoh kecilnya dan masih atau akan
berkembang lagi di masa yang akan datang.
Komputer akuntansi ini banyak sekali manfaatnya seperti :
1. Mampermudahkan seseorang melakukan
pekerjaannya
2. Hemat waktu
3. Lebih efisien
4. Lebih akurat di bandingkan dengan manual
5. Mudah dijalankan
6. Tidak perlu repot menulis dan menggulang
kembali
CONTOH APLIKASI KOMPUTER AKUNTANSI
Microsoft Office Excel
Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembaran
kerja spreadsheet yang dibuat
dan didistribusikan oleh Microsoft Carporation untuk sistem operasi Microsoft
Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik
yang, dengan menggunakan strategi marketing
Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program
komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini.
Bahkan, saat ini program ini merupakan program spreadsheet paling banyak
digunakan oleh banyak pihak, baik di platform PC berbasis Windows maupun
platform Macintosh berbasis Mac OS, semenjak versi 5.0 diterbitkan pada tahun
1993. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office System, dan versi
terakhir adalah versi Microsoft Office
Excel 2007 yang diintegrasikan di dalam paket Microsoft Office System
2007.
Tiga kemampuan utama yang dimiliki oleh Program Microsoft Excel:
a) Lembar Kerja
b) Grafik
c) Database
Pada tutorial Myob sebelumnya saya telah menguraikan bagaimana membuat
daftar perkiraan yang digunakan untuk melakukan jurnal data-data transaksi
keuangan. Berikutnya adalah bagaimana langkah kita untuk menjurnal, menampilkan
hasil jurnal dan mengeditnya. Dalam pembahasan ini saya fokuskan kepada
perusahaan jasa terlebih dahulu, karena ada beberapa komentar dari pengunjung
yang menanyakan bagaimana aplikasi myob untuk perusahaan dagang. Untuk
jawabannya, tentu ini akan saya buat juga dalam pembahasan berikutnya. Kita
mulai yang lebih mudah dulu, yaitu perusahaan jasa.
Langkah adalah sebagai berikut :
1. Pada tampilan awal program Myob pilih Record Journal Entry
2. General Journal merupakan nomor urut transaksi dan akan muncul secara oromatis.
3. Date, silahkan anda sisi tanggal Transaksi jurnal anda.
4. Memo, adalah keterangan dari dari jurnal transaksi, hal ini boleh apa saja yang penting nyambung dengan transaksi nya.
5. Kemudian klik dibawah ACCt# , lalu klik panah kebawah disebelah kanannya, dan pilih jenis perkiraan yang digunakan, misalny KAS. Maka akan keluar secara otomatis pada kolom Name, kemudian isikan nilainya pada bagian Debet.
6. Untuk baris dibawahnya lakukan yang sama sperti perintah diatas, dan berikan jumlah nilainya pada bagian kredit. Setelah Balance anatara Debet dan Kredit jangan lupa Klik Record untuk merekamnya.
Untuk menampilkan Jurnal yang anda buat, silahkan klik tulisan Journal disebelah kiri bawah dari tampilan tersebut. Lalu tukar tanggal awal dan tanggal akhir dari jurnal yang ingin anda tampilkan. Biar cepat cukup tekan saja Spasi, jangan lupa setelah di tukar tanggalnya tekan Enter.
Maka akan tampil beberapa jurnal yang sudah di input tadi, kemudian untuk mengedit atau memperbaiki jurnal yang salah, lihat di masing-masing kelompok jurnal tersebut ada tombol panah putih disebelah kiri, silahkan di klik, maka akan tampil seperti waktu anda menjurnal pertama kalinya, silahkan di edit, dan jangan lupa klik OK.
Langkah adalah sebagai berikut :
1. Pada tampilan awal program Myob pilih Record Journal Entry
2. General Journal merupakan nomor urut transaksi dan akan muncul secara oromatis.
3. Date, silahkan anda sisi tanggal Transaksi jurnal anda.
4. Memo, adalah keterangan dari dari jurnal transaksi, hal ini boleh apa saja yang penting nyambung dengan transaksi nya.
5. Kemudian klik dibawah ACCt# , lalu klik panah kebawah disebelah kanannya, dan pilih jenis perkiraan yang digunakan, misalny KAS. Maka akan keluar secara otomatis pada kolom Name, kemudian isikan nilainya pada bagian Debet.
6. Untuk baris dibawahnya lakukan yang sama sperti perintah diatas, dan berikan jumlah nilainya pada bagian kredit. Setelah Balance anatara Debet dan Kredit jangan lupa Klik Record untuk merekamnya.
Untuk menampilkan Jurnal yang anda buat, silahkan klik tulisan Journal disebelah kiri bawah dari tampilan tersebut. Lalu tukar tanggal awal dan tanggal akhir dari jurnal yang ingin anda tampilkan. Biar cepat cukup tekan saja Spasi, jangan lupa setelah di tukar tanggalnya tekan Enter.
Maka akan tampil beberapa jurnal yang sudah di input tadi, kemudian untuk mengedit atau memperbaiki jurnal yang salah, lihat di masing-masing kelompok jurnal tersebut ada tombol panah putih disebelah kiri, silahkan di klik, maka akan tampil seperti waktu anda menjurnal pertama kalinya, silahkan di edit, dan jangan lupa klik OK.
Kalau pada postingan nomor 5 yang lalu, kita sudah mempelajari bagaimana
cara menjurnal dan mengeditnya, berikut ini kita akan melihat bagaimana laporan
/ report. Begitu mudahnya dalam menggunakan Komputer akuntansi, sehingga
kita tidak perlu mengikuti urutan siklus akuntansi pada teori, karena semuanya
sudah diprogram secara singkat.
Kuncinya adalah cukup kita melakukan jurnal lalu laporannya sudah dapat kita lihat. Jadi, buku besar dan worksheet tidak perlu dibuat. Berikut langkah yang dilakukan.
1. Pada tampilan awal pastikan yang aktif adalah Accounts, lalu klik Report pada bagian kanan bawah.
2.Kemudian pastikan yang aktif pada bagian Accounts (kenapa selalu Account?… ya karena kita masih membahas perusahaan Jasa, sedangkan kalau perusahaan dagang yang kita perlukan bukan hanya Account, tapi juga ada Purchase, Sales, Inventory dan lain-lain).
Kita akan diperlihatkan banyak tulisan. Semuanya itu adalah laporan. Namun yang paling pokok sebagaimana halnya diteori adalah hanya ada beberapa laporan yaitu : Laporan Labar rugi, Laporan Perubahan Modal dan Neraca.
Kuncinya adalah cukup kita melakukan jurnal lalu laporannya sudah dapat kita lihat. Jadi, buku besar dan worksheet tidak perlu dibuat. Berikut langkah yang dilakukan.
1. Pada tampilan awal pastikan yang aktif adalah Accounts, lalu klik Report pada bagian kanan bawah.
2.Kemudian pastikan yang aktif pada bagian Accounts (kenapa selalu Account?… ya karena kita masih membahas perusahaan Jasa, sedangkan kalau perusahaan dagang yang kita perlukan bukan hanya Account, tapi juga ada Purchase, Sales, Inventory dan lain-lain).
Kita akan diperlihatkan banyak tulisan. Semuanya itu adalah laporan. Namun yang paling pokok sebagaimana halnya diteori adalah hanya ada beberapa laporan yaitu : Laporan Labar rugi, Laporan Perubahan Modal dan Neraca.
Beberapa hal baru tersebut diantaranya adalah :
1.Tampilan Menu Pembuka
2.Tampilan Help Index yang Lebih Lengkap
3.Editing di transaksi Pay Bill yang sudah di Record
4.Editing di transaksi Receive Payment yang sudah di Record
5.Lock Period yang fleksible (berdasarkan tanggal)
6.Tombol Password digantikan dengan User’s ID
7.Fasilitas Spelling (dalam Bahasa Inggris)
8.Tambahan pilihan Search by untuk Item List, Card File, Location List dan
Activities List
Laporan pengelompokan Item berdasarkan Item dan Location
Preview cetakan form untuk Purchase Order, Invoices, Payment (Cheque) dan
Receive
Customise Form Statements dan Remittance Advices dengan field yang
ditambahkan lebih lengkap
No comments:
Post a Comment